Satu senyum

14 Aug 2011

Satu senyum

Menyadari perairan Indonesia memilikikeanekaragaman hayati terkaya-di dunia, membuat aku merasa beruntung. TERLALU banyak pilihan situs yang mengagumkan dan peluang emas bagi photografer bawah air mendapatkan hasil jepretan yang luar biasa dinegara kepulauan ini.

Teriak ” diving, diving, diving, i love diving!!!” . Pelan pelan tapi pasti, coba untuk tiap bulan bertambah satu nama pulau dalam list travelingku. Aku langsung ke depan map diruang kaca, mengambil pin board dan mikir sejenak, tusuk daerah mana ya yang bisa aku datangi untuk 5 hari? Okey, north Sulawesi!

Pesawat take off jam 5 pagi, sehingga jam 3 dini hari ,kita sudah harus berangkat menuju airport. Karna “yang urus pesawat” kurang teliti, alhasil, aku dan 3 orang dari teamku, harus lari ke ruang tunggu karna tinggal 5 menit sebelum pintu pesawat tutup. Belum tidur, tidak beres urus tiket, dapat double kata “menunggu” sambil berdiri, zombie time!

Aku tidak pernah bepergian tanpa buku catatan perjalananku. Selain memiliki sesuatu yang sensasional untuk dibaca slama menunggu, tapi aku juga dibantu ambil keputusan selama pejalanan. Okey review…

BUNAKEN, tempat aku berguru mendapatkan diving license,mulaiopen water sampai resque diver. Di sini kita menemukan akan menemukanMimic Octopus, Sea horses, Frog fish, Hairy frog fish, Flamboyan cuttel fish, Ghost pipe fish dan masih banyak lagi akan kita lihat dalam dunia ikan.

LEMBEH, lingkungan bawah laut benar-benar unik di sini. Komposisi bawah terutama pasir hitam dengan kepala karang kecil & puncaknya. Apa yang membuat suatu tujuan seperti yang luar biasa adalah jumlah besar hidup unik yang memiliki spesialisasi dalam lingkungan, sepertiHairy frog fish, flamboyan cuttle fish, Rhinopias (lazy scorpion fish), Mimic octopus, Wonderpus, Pigmy seahorse, electric shell, Hairy octopus, giant frog fish, dll.

Favoritku, Untuk penginapan coba mampir kehttp://www.bastianos.com/resort

Dan sekarang, aku akan ke Pulau BANGKA yang cantik akan pasir putihnya. Coba cekhttp://www.murexdive.com/ , nach disiniah aku menginap. Nice formasi, menyelam situs puncak, nightdives indah, penuh softcorals dan garden fishes. Berhubung sekarang aku berada di murex resort, yang mana masih sangat kental keramahan dan kenyamanan yang kurasakan, setidaknya berbagi cerita, menjadi info bagi pencari tempat liburan. Divespot di Batu Goso, yang penuhblackpatch triggerfish, pallete surgeonfish, moorish idol, spiral coral, black coral, sea fan, dea anemone 40 cm. Dihiasi sejumlah pinakel curam naik dari kedalaman dan juga drift bisa dilakukan di sekitar mereka. Begitu juga dive spot diTiga Batu, aku ditemani olehSpotted boxfish, fire dartfish,Star puffer,Spotted boxfish, notodoris gardineri (banana nudibranch). Belum bisa berhenti memuji kehidupan awah laut karna dive spot diSahaung 1&Sahaung 2, ribuan, gardenfish, trompetfish, ballonfish, surgenfish, angelfish, coralfish, dll.Sejumlah batu-batu besar dan puncaknya dapat diselami di Sahaung dan formasi langkah besar dapat dilihat.

Tidak kalahParadise Pier, yang dikenal dengan mud spot memang sangat berkesan. Sebelum turun, aku sudah dikejutkan denan kehadiran dugeng dipermukaan air, tapi sayang saat menyelam , dia sudah say “bye- bye!” dan tidak mampir lagi. Memang visibility kurang dari 3 mtr, tapi aku dsini bertemu penghuni laut yang cukup ramah dalam berpose. DariWhite eyed moray, tigertail seahorse, sampai ornate ghost pipefish (black, white, red) menjadi drama queen dalamsatu jam. Hasil foto yang sempurna walaupun hanya jarak pandang 3 meter. Bahkan ‘perjalanan’ untuk gunung berapi bawah laut magnificient menjadi penutup sambil menunggu waktu tuk safety stop.

Kali ini aku menyelam ditemani dengan air suhu 27 C serta angin cukup kencang dan menghabiskan 5 hari tapi terasa seperti liburan selama 1 bulan. Satu senyum dari bangka berarti seribu bahagia dihatiku.

Terima kasih North Sulawesi,
NadineCh


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive